Attention:The post will be in Bahasa…

Rezaaa oh Rezaaaaa… Sujud deh. Nyerah saya.

Ngomongin soal MSB (my Stupid Boss), film ini sebenarnya baguuus, tapi ada sedikit nilai yang kurang di bagian akhir film. Endingnya sedikit kurang ter-eksekusi, dan yap menurut saya sih tidak ada klimaks yang bagaimana ya. Hanya saja akting, tone color, dan score dari film ini yang menyelamatkan film ini.

My Stupid Boss based on Web story – chaos@work, sebuah projek kerja sama antar dua negara – Indonesia dan Malaysia. Lokasinya kebanyakan di KL dan juga aktor-aktris negeri Jiran tersebut. Dibawahi oleh sutradara sekaliber Upi dan menampilkan Reza, saya sih nggak pikir lama-lama untuk nonton film ini.

dibalik-layar-film-my-stupid-boss-part-1-151127p
Upi – sutradara

Ceritanya sendiri sangat menyebalkan. Punya boss yang ‘sekarepnya dewe’ (bahasa Jawa, baca: semaunya sendiri), delusional, short term memory loss, menurut saya agak-agak bipolar, jelek dan hidup pula, tentu aja amat sangat menyebalkan. Diana (BCL) terpaksa menerima pekerjaan sebagai kepala kerani (kepala administrasi) di Malaysia Sinar Berjaya (MSB), perusahaan serabutan milik si bossman (Reza Rahadian). Kantor ini menjalankan bisnis yang serabutan, sistem yang awut-awutan, banyaknya pekerja gelap, dan juga fasilitas kantor yang tidak memadai. Satu-satunya alasan kenapa Diana bertahan karena dia nggak sanggup untuk membayar penalti kalau memutuskan kontrak kerja.

my-stupid-boss-adu-mental-bossman-dan-kerani
Ki-ka: Shikin, Mr. Kho, Diana, Adrian, Azhari 

Setiap hari Diana dan keempat koleganya; Mr Kho (Andrew Chew), Azhari ( Iskandar Zulkarnain), Norashikin (Atikah Suhaime), dan Adrian (Bront Palarae) menjaga hati untuk menghadapi si Bossman. Perlu diketahui perusahaan Bossman ini bertempat di KL dan keempat staff selain Diana adalah orang dari Malaysia. Gebleknya lagi si bossman hobi banget menggunakan bahasa Jawa, jadinya bisa kebayang lah kalau banyak miskom antara si Bossman dan staffnya.

Satu tema besar di film ini jelas Komedi. Dan ini adalah film pertama Upi yang purely bertemakan komedi, dan juga film pertama Reza dan BCL yang bener-bener komedi. Nggak ada romance-romancenya kecuali rayuan super gombalnya Adrian untuk  Shikin. Sebenarnya garis besar dari film ini adalah h.i.b.u.r.a.n. Saya pribadi tidak melihat hal lain yang ingin disampaikan oleh film ini. Bossman gila tp punya hati yang baik? Mungkin saja, tapi menurut saya kurang di-eksekusi, but again…. who cares, this movie makes us cracking up from the beginning to the end! 🙂

Film-My-Stupid-Boss
Diana and Bossman 

SPOV

Asli, aku biasa aja pas ngelihat trailernya dan pas tahu ada BCL, aku nggak terlalu antusias. Aku nggak begitu suka dengan akting BCL entah mengapa. Tapi, seperti yang aku bilang di awal, Upi dan Reza yang ngebuat aku untuk akhirnya mutusin nonton di bioskop. Nggak nyesel, tp emang di tengah-tengah agak ngerasa sedikiiiit dragging, dan akhir yang resolvenya kurang gimanaa gitu. But again! Performance akting nggak usah dikomentarin, baik dari pemain Malaysia, Indonesia, maupun figuran semuanya bahenoooolll.

4ce222ce9ccdf5748edef6160e1e4966oss__2_
Andrew Chew and Melissa Karim

Yang bikin aku enjoy di film ini gara-gara aktingnya para pemain Malaysia. Aduh… mereka mendeliver dialog mereka dalam bahasa Melayu dan menurutku itu kereeen haha. Secara aku memang suka banget dengan bahasa Melayu. Ditambah akting Alex Abbad yang membahana, so American.. and so Abbad!! Dari semua pemeran Malaysia, aku paling wow sama Mr. Kho, alias Mr. Chew. His expressions are beyond words!!! hahahahaha body language dan dialog yang dia deliver itu semuanya perfecto, berhasil bikin aku ngakak. Pada akhirnya, Reza dan Bunga nail it a big time! Komedi yang mereka bawakan kebanyakan dari facial expression dan dialog-dialog segar yang emang dideliver ngasal sama si bossman hahaha… duh Can’t easily forget how the bossman speaks. Hebat.

Impossible we do! Miracle we reach!
Bossman

Dari segi tone juga. Upi sengaja membuat tone film ini juga jadi jenaka. Make up dan kostum udah nggak usah dibilang. Penampilan Bossman yang luar biasa menyebalkan dengan kepala hampir botak hahaha dan baju-baju Diana yang juga agak-agak culun akhirnya membuat film ini jadi baik. 🙂

Walaupun jujur… aku lebih berharap film yang based dari original scenario daripada buku atau web blog. Who’s with me?

hqdefault

Produced by Falcon pictures

Directed by Upi

Dilansir dari chaos@work 

Casts: Reza Haradian, Bunga Citra Lestari, Alex Abbad, Bront Palarae, Atikah Suhaime, Iskandar Zulkarnain Melissa Karim

Music: Aghi Narottama

CVB

 

